Memilih Media Promosi yang Tepat dalam Menjalankan Bisnis

“Sejak setahun lalu saya merintis usaha property. Namun saya masih bingung menentukan media yang tepat dalam melakukan promosi agur usaha saya bisa berkembang, kira-kira media promosi apa yang pas untuk usaha ini?”

—————

Saya ingin menegaskan bahwa bisnis sukses itu harus efisien, efektif dan tumbuh. Setiap bisnis perlu bertumbuh dan berkembang dan semuanya itu diperlukan berbagai cara, salah satunya dengan media promosi yang tepat. Diantaranya adalah:

1.      Iklan adalah bentuk promosi bersifat masal dan nonpersonal. Oleh karena sirkulasinya luas maka biaya perunit menjadi lebih murah. Tetapi karena bersifat non personal maka iklan tidak mampu responsive. Oleh karena itu iklan tidak diharapkan sebagai media komunikatif interaktif.

2.      Penjualan Personal adalah aktivitas penjualan yang bersifat promosional. Karena bersifat personal, promosi ini sangat efektif membina komunikasi dua arah dengan audiens.

3.      Promosi Penjualan adalah bentuk promosi personal maupun nonpersonal untuk mendongkrak penjualan dalam jangka pendek. Promosi penjualan memang dirancang dengan berbagai cara (personal maupun non personal) untuk mendorong penjualan pada saat-saat tertentu.

4.      Publisitas adalah bentuk promosi yang lebih banyak dilakukan oleh masyarakat. Audiens sering berpendapat bahwa informasi produk dari sumber non-produsen tentu akan lebih fair atau jujur.

5.      Identitas Produk adalah desain produk yang bersifat khas yang mempunyai daya tarik tersendiri. Identitas produk adalah bentuk penampilan promosi produk secara konkrit menunjukkan kelebihan-kelebihan yang ada.

Pertimbangan penentuan media tersebut adalah berdasarkan: (1) jenis dan karakter produk yang dipasarkan serta perilaku audiens, dan (2) program promosi pesaing.

–          Pilihan Media Berdasarkan Produk

Produk yang mempunyai tampilan unik dan mampu membangkitkan emosional  akan lebih pas bila dipromosikan dengan iklan.

–          Pilihan Media Berdasarkan Pesaing.

Seringkali, perancang pilihan media diambil untuk menanggapi promosi pesaing. Karena pesaing gencar memberikan hadiah kepada pelanggannya, tentu perusahaan harus merespons dengan program yang seimbang agar supaya tidak ditinggalkan oleh pelanggan.

Selain itu evaluasi media cukup penting seperti evaluasi berbasis standar promosi, evaluasi berbasispola efek pengaruh, evaluasi berbasis metodologi, pra-test evaluation, pro-test evaluation, dan post-test evaluation.

–          Evaluasi berbasis standar Promosi.

Pada dasarnya tindak evaluasi adalah pembandingan nilai. Untuk dasar pembandingan diperlukan standar atau ukuran keberhasilan yaitu pernyataan tujuan atau anggaran promosi.

–          Evaluasi Berbasis Pola Efek Pengaruh.

Kampanye program promosi tidaklah begitu saja langsung saat yang bersamaan memberikan pengaruh. Selalu ada tenggang waktu antara eksekusi program dengan hasil kinerja program.

–          Evaluasi Berbasis Metodologi

Penentuan saat atau waktu evaluasi akan memberikan inforamsi yang berbeda. Metode evaluasi dapat dilakukan sebelum (pra-test), pada saat (pro-test) atau sesudah (post-test) program promosi dilaksanakan.

Nah, untuk usaha Anda sebaiknya menggunakan promosi penjualan. Misalnya memberi hadiah bagi beberapa orang pembeli pertama, membuat sampel produk, membuat kupon berhadiah, memberikan konsultasi pelanggan dan sebagainya. Dan jangan lupa berikan layanan terbaik agar pembeli mau datang lagi. (Teguh Budiarto)

Jika anda menginginkan media Promosi yang tepat untuk mendukung usaha anda silahkan KLIK DISINI

Keyword Neon box:

media promosi yang efektif,macam-macam media promosi,pengertian media promosi,media promosi,bentuk promosi,media promosi adalah,macam macam media promosi,cara promosi yang tepat,media promosi produk,contoh promosi penjualan